Jan 24, 2010 BERITA TERBARU 1
بسم الله الرحمن الرحيم
Ajaran Islam sebagaimana tertuang dalam Al Quran dan Sunnah Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasalam, kaya akan fundamental doktrin dan fundamental values dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Salah satu model penggalian dan pengkajian terhadap fundamental doctrines dan fundamental values dari Al Quran dan As Sunnah yang dilakukan oleh para pemerhati pendidikan islam adalah dengan upaya memahami ajaran-ajaran dan nilai-nilai dasar yang terkandung dalam al Quran dan Al Sunnah Al Shahihah dengan meneladani khazanah intelektual para salafus sholeh, serta mencermati kesulitan dan kemudahan yang ditawarkan oleh pendidikan modern. Pengkajian terhadap pemikiran salafus sholeh dimaksudkan untuk menjadikannya sebagai landasan dalam melakukan verifikasi dan relevansi dengan konteks kekinian dan yang akan datang.
Berbicara tentang pendidikan islam, apabila hanya berkutat pada persoalan fundasional filosofis akan menjadi sangat idealis, karena kegiatan pendidikan sangat peduli terhadap persoalan-persoalan operasional, sehingga konsep pendidikan islam terlihat hanya kaya konsep tetapi miskin dimensi praktisnya ataupun kebalikannya kaya praktik tetapi lepas dari konsep fundasionalnya. Untuk mencari titik temu dari persoalan tersebut munculah gagasan Pendidikan Islam Terpadu, sebuah model pendidikan yang didesai dengan segala keterpaduan dari berbagai sisi dan aspek pendidikan yang meliputi visi, misi, kurikulum, pendidik, suasana pembelajaran dan lain sebagainya.
Sekolah Islam terpadu sebagai bentuk satuan pendidikan memiliki peran yang strategis dalam membentuk, membangun, membina dan mengarahkan anak didik menjadi manusia yang seutuhnya, manusia yang berkarakter dan berkepribadian yang positif, manusia yang memiliki karakter dan kepribadian yang positif, memahami diri sendiri, terampil dan mampu berkerja sama dengan orang lain.
Yang dimaksud program terpadu adalah program yang memadukan antara pendidikan umum dan pendidikan agama, antara pengembangan potensi intelektual (fikriyah), emosional (ruhiyah) dan fisik (jasadiyah), dan antara sekolah, orang tua dan masyarakat sebagai pihak yang memiliki tugas dan tanggung jawab terhadap dunia pendidikan. Keterpaduan program pendidikan umum dan keagamaan dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Secara kuantitatif artinya program pendidikan umum dan program pendidikan keagamaan diberikan secara seimbang. Sedang secara kualitatif berarti pendidikan umum diperkaya dengan nilai-nilai agama dan pendidikan agama diperkaya dengan muatan-muatan yang ada dalam pendidikan umum. Nilai-nilai agama harusnya diberikan porsi lebih besar agar bisa memberikan makna dan semangat terhadap program pendidikan umum.
Potensi dasar manusia seperti potensi intelektual, emosional, dan fisik merupakan anugrah dari Allah yang harus ditumbuhkan, dikembangkan, dibina dan diarahkan dengan baik, benar dan seimbang. Dan kondisi-kondisi ini dengan pola pendidikan islam terpadu diharapkan menjadi salah satu sarana menumbuh kembangkan potensi-potensi dasar yang dimiliki anak didik. Akan tetapi dalam perkembangannya seringkali pendidikan agama hanya menjadi tempelan dan lembaga pendidikan hanya berfokus kepada pendidikan umum, keterpaduan menjadi sebatas memperbanyak jam pelajaran agama, dan baik pelajaran umum dan pelajaran agama tidak saling melengkapi satu sama lain seperti yang diharapkan oleh konsep pendidikan terpadu tersebut.
Lutfi Indriyanto
Direktur Utama PT. Al Bayyinah Al Khoiriyah
happy wheelsMay 01, 2024 Comments Off on Hasil SK Dan Nama-Nama yang LULUS kelas 9 Sekolah IT AL-BAYYINAH PEKANBARU 2023/2024
Jan 27, 2024 Comments Off on Dinyatakan Lulus dan Cadangan SMA IT AL-BAYYINAH PEKANBARU 2024/2025
Jan 27, 2024 Comments Off on Dinyatakan Lulus dan Cadangan SMP IT AL-BAYYINAH PEKANBARU 2024/2025
Sep 18, 2023 Comments Off on Penerimaan Siswi Baru SMP – SMA 2024/2023
May 01, 2024 Comments Off on Hasil SK Dan Nama-Nama yang LULUS kelas 9 Sekolah IT AL-BAYYINAH PEKANBARU 2023/2024
Jan 27, 2024 Comments Off on Dinyatakan Lulus dan Cadangan SMA IT AL-BAYYINAH PEKANBARU 2024/2025
Jan 27, 2024 Comments Off on Dinyatakan Lulus dan Cadangan SMP IT AL-BAYYINAH PEKANBARU 2024/2025
Feb 08, 2023 Comments Off on Menerima Mahasiswi baru Mahad Tahfizh 2024/2023
Comments are closed.
May 25, 2010 1,911
Dec 04, 2014 481
May 10, 2010 336
May 18, 2010 322
May 01, 2024 Comments Off on Hasil SK Dan Nama-Nama yang LULUS kelas 9 Sekolah IT AL-BAYYINAH PEKANBARU 2023/2024
Jan 27, 2024 Comments Off on Dinyatakan Lulus dan Cadangan SMA IT AL-BAYYINAH PEKANBARU 2024/2025
Jan 27, 2024 Comments Off on Dinyatakan Lulus dan Cadangan SMP IT AL-BAYYINAH PEKANBARU 2024/2025
Sep 18, 2023 Comments Off on Penerimaan Siswi Baru SMP – SMA 2024/2023
Jun 08, 2023 Comments Off on Hasil Kelulusan SMP
Feb 08, 2023 Comments Off on Menerima Mahasiswi baru Mahad Tahfizh 2024/2023
Saya sangat salut dengan visi, misi dan tujuan pendidikan yang digagas oleh lembaga sekolah islam trpadu. namun dalam benaj saya masih bertanya-tanya dimanakah perbedaan yang sigifikan antara sekolah islam terpadu dengan sekolah / madrasah lain yang telah ada ? padahal mereka juga mengacu pada tujuanpendidikan Islam ?